Rabu, 24 November 2010

BUDAYA BARAT vs BUDAYA TIMUR

BUDAYA BARAT
  
     Budaya barat tidak bisa langsung diartikan kebudayaan yang datang dari barat. Budaya barat yang disebut sebagai western culture di akui oleh negara belahan dunia mana pun sebagai kulture yang ada di eropa barat bukan amerika, bukan australia, atau eropa timur atau selatan. Namun seiring perkembangannya, terjadilah pembatas yang membatasi budaya barat dan timur. mungkin karena perbedaan ras, agama, persamaan budaya di beberapa negara, sehingga muncul istilah tersebut. Jadi, jika kita langsung melogika, budaya barat bukanlah sebuah istilah sebuah arah mata angin yaitu budaya padda bagian barat kita melainkan sebuah istilah yang berawal dari kawasan eropa barat.

Ada 3 ciri dominan dalam budaya barat:
1. Penghargaan terhadap martabat manusia.
2. Kebebasan.
3. Penciptaan dan pemanfaatan teknologi.

SEJARAH

Budaya barat (kadang disamakan dengan peradaban barat atau peradaban eropa). mengacu pada budaya yang berasal dari eropa. Istilah "budaya barat" digunakan sangat luas untuk merujuk pada warisan norma-norma sosial, nilai-nilai etika, adat istiadat, keyakinan agama, sistem politik, artefak budaya khusus, serta teknologi. Secara spesifik istilah barat dapat di tujukan terhadap:

1. Pengaruh budaya klasik dan renaisans yunani-romawi dalam hal seni, filsafat, sastra, dan tema hukum dan tradisi.
2. Pengaruh budaya Alkitab-kristiani dalam hal pemikiran rohani, adat dan dalam tradisietika atau moral, selama pasca klasik.
3. Pengaruh budaya eropa barat dalam hal seni, cerita rakyat, etika dan tradisi lisan.


 Konsep budaya barat umumnya terkait dengan definisi klasik dari dunia barat. Dalam definisi ini, budaya barat adalah himpunan sastra, sains, politik, serta prinsip-prinsip artistik dan filosofi yang membedakannya dari peradaban lain. Beberapa kecenderungan yang dianggap mendefinisikan masyarakat barat modern, antara lain dengan adanya pluralisme politik, berbagai subkultur atau budaya tandingan penting (seperti gerakan-gerakan zaman baru), serta peningkatan sinkretisme budaya sebagai akibat dari globalisasi dan migrasi manusia.


PENGARUH

Kita orang indonesia sering membedakan masalah budaya yakni secara tidak langsung kita cenderung mengelompokkan diri dengan menyebut budaya kita budaya timur dan kita sering menyebut budaya orang eropa dan sekitarnya sebagai budaya barat, dan kita lebih cenderung menganggap budaya kita lebih unggul dibanding budya eropa dan budaya timur lebih baik dari budaya barat. Berikut ini adalah 4 cara sudut pandang:

1. Long term orientation index.
2. Cara memimpin.
3. Individualisme index.
4. Power gap.

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF GLOBALISASI DAN MODERNISASI

Dampak Positif:
a. perubahan tatanilai dan sikap.
b. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi.
c. Tingkat kehidupan yang baik.


Dampak Negatif:
a. Pola hidup konsumtif.
b. Sikap individualistik.
c. Gaya hidup kebarat-baratan.
d. Kesenjangan sosial.


BUDAYA TIMUR

      Nilai budaya timur pada intinya banyak bersumber dari agama. Inti kepribadian orang timur terletak pada hatinya. Dengan hatinya mereka menyatukan akal budi, intuisi, intelegensi, dan perasaan. Pemikiran timur lebih menekankan unsur terdalam dari jiwa. Budaya timur lebih menekankan disiplin mengendalikan diri, sederhana, tidak mementingkan dunia. Sesuatu yang baik menurut budaya timur tidak terdapat hanya dalam dunia benda (materialisme), tidak dengan manipulasi alam (eksploitasi), atau mengubah masyarakat dan mencari kesenangan dirinya(hedonisme). Tetapi sesuatu yang baik menurut timur adalah sesuatu yang diperoleh dari pencarian zat yang satu, di dalam diri kita atau luarnya. Jalan untuk memperoleh hikmah keselamatan dan kebebasan diri dari penderitaan dunia tidak terletak pada akal budi, tetapi melalui meditasi, beribadah, atau tirakat.

Sikap orang timur terhadap alam adalah menyatu dengan alam, tidak mengeksploitasi alam, bahkan menginginkan harmoni dengan alam. Sebab, alam merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Indonesia sebagai bagian dari wilayah yang menganut kebudayaan timur, harus mementingkan kerohanian, perasaan, gotong-royong, dan menjaga keharmonisan antara manusia dengan alam dan manusia dengan tuhan. Unsur budaya barat hendaknya diserap secara selektif dan hati-hati. Kemajuan barat di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi patut kita tiru. Adapun bentuk budaya barat berupa sikap gaya hidup mewah, individualisme, dan jauh dari kehidupan agama tidak patut untuk dicontoh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar